Lecturer : Leon Abddilah

(TEAM B)
Thema :BANK OFFICER

Pada kesempatan kali ini, Kita akan membahas STRUKTUR DATA yang menjadi bagian dari Mata Kuliah kami pada semester ini. Tema yang kami pakai pada kelompok kami adalah Petugas Bank / Bank Officer. Segala aktivitas yang berkaitan dengan perbankan. Satu persatu akan kita jelaskan secara umum dibawah ini.

Struktur data adalah model logika/ matematik yang secara khusus mengorganisasi data. Sebuah model harus dapat mencerminkan keterhubungan data dengan dunia nyata dan bentuknya sederhana/efektif (dapat memproses data sesuai kebutuhan).

Terdapat dua jenis struktur data, yaitu :

Struktur data statis : yaitu struktur yang tidak berubah seperti array/larik, rekord, himpunan.
Struktur data dinamik : yaitu struktur yang berubah seperti list/senarai, queue/antrian/giliran, tumpukan/ stack/timbunan.

Beberapa jenis struktur data telah disediakan pada bahasa pemrograman (contoh bahasa pascal or Java), yaitu Struktur data Array, Set, Record, String. Sedangkan struktur data lainnya yang belum ada dapat dibentuk sendiri misalnya struktur data List Berkait/Senarai (Linked list), Tumpukan(Stack), Antrian (Queue), Pohon (Tree), Graf (Graph).
Perangkat lunak yang dipakai dalam pembahasan Struktur Data ini ada 3 (Tiga), yaitu :

Java Development Kit (JDK) versi 1.6 keatas. Java Development Kit merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java menjadi bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh java runtime environtment.
Java Runtime Environtment (JRE) Java Runtime Environtment merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dari JDK yang digunakan untuk membangun aplikasi agar aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
eClipse merupakan Java IDE yang dikembangkan oleh IBM dan pada 2001 menjadi nonprofit Eclipse Foundation (www.eclipse.org) untuk mengelola sebagai suatu open-source platform. Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent).

Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:

Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.
Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.

Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.

Secara umum bahasa pemrograman terdiri dari 5 (lima) golongan/ tingkatan/ generasi:

Generasi1: pemrograman bahasa mesin. Contohnya; hasil kompail yang hanya berupa angka 0 dan 1.
Generasi2: pemrograman bahasa rakitan. Contohnya; Assembler.
Generasi3: pemrograman prosedural /terstruktur. Contohnya; BASIC, COBOL, Pascal, C, dll.
Generasi4: pemrograman visual / berorientasi objek. Contohnya; Microsoft Visual BASIC, Borland Delphi, Microsoft Visual Foxpro, C++, Java, dll.
Generasi5: pemrograman kecerdesan buatan (Artificial Intellegence). Contohnya; LISP, Prolog, dll.

Dan yang kami pakai dalam pembahasan Struktur Data kali adalah Bahasa Pemrograman JAVA.

Yuk, mari kita bahas bagian-bagian dari Struktur Data secara bertahap… 😀

1. Introduction
2. Array
3. List (Array list,Linked list, Stack and Vector)
4. Stack and Queue
5. Recursive
6. Set
7. Map
8. Tree
9. Seacrh and Sorting
10. Graph

KELOMPOK B
1. BETTER LUCKYANSAR
2. M.SYARIF
3. NOVRIANSYAH UP
4. SYAMSUARDI
5. M. ALBY NUGRAHA

Tinggalkan komentar